Rabu, 07 Februari 2024

Inilah 9 Alasan Isra’ Mi’raj Terjadi di Malam Hari

PPRU 1 Hikmah | Peristiwa Isra’ Mi’raj termasuk salah satu mukjizat Rasulullah Muhammad yang terjadi pada malam hari. Mengapa peristiwa ini terjadi pada malam hari? Ustadz M Alvin Nur Choironi memberikan sembilan alasannya dalam tulisannya di NU Online:

  1. Waktu yang tepat untuk khalwah: Malam merupakan waktu yang tepat untuk menyepi dan melakukan pengkhususan dalam ibadah.
  2. Waktu diwajibkannya shalat: Ayat dalam Surat Al-Muzammil ayat 2 memerintahkan umat Islam untuk melakukan shalat, menunjukkan pentingnya malam sebagai waktu ibadah.
  3. Ujian percaya terhadap ghaib: Malam menjadi ujian bagi para Mukmin untuk percaya terhadap hal-hal ghaib yang tidak dapat dicerna oleh akal.
  4. Waktu yang mulia: Malam memiliki keistimewaan karena sejumlah peristiwa penting terjadi pada malam hari dalam kehidupan para nabi sebelum Nabi Muhammad.
  5. Waktu berkumpul dengan orang tercinta: Malam adalah waktu yang tepat untuk berkumpul dengan orang-orang yang kita cintai, sehingga Allah memberangkatkan Rasul pada malam hari.
  6. Satu-satunya waktu yang dijanjikan Allah: Malam merupakan satu-satunya waktu yang dijanjikan Allah sebagai waktu yang terbaik, seperti Lailatul Qadar yang tidak ada waktu lain yang memiliki keistimewaan seperti itu.
  7. Waktu turunnya wahyu pertama: Malam adalah waktu turunnya wahyu yang pertama kepada Nabi Muhammad.
  8. Waktu dikabulkannya doa: Malam adalah waktu yang dikabulkan doanya, menurut firman Allah dalam Surat Al-Furqan ayat 47.
  9. Waktu penyegaran pikiran dengan istirahat: Malam adalah waktu yang tepat untuk menyegarkan pikiran dengan istirahat, sementara pagi diciptakan Allah untuk mencari penghasilan.

Peristiwa Isra’ Mi’raj mengandung banyak hikmah dan makna, dan terjadi pada malam hari karena alasan-alasan yang terkait dengan keistimewaan waktu tersebut.

Previous Post
Next Post

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 adalah pesantren salaf yang didirikan oleh KH. Yahya Syabrowi, Menggenggam Ajaran Salaf, Menatap Masa Depan

0 comments: