Kamis, 21 Desember 2023

10 Manfaat Daun Kelor, Bisa untuk Penyakit Ringan hingga Berat

PPRU 1 Health | Daun kelor oleh sebagian besar masyarakat Indonesia identik dengan hal-hal mistis. Padahal untuk kesehatan, manfaat daun kelor ini sangat banyak.

Kelor atau dikenal juga dengan sebutan Moringa oleifera ini merupakan tanaman obat yang cukup tenar di India. Bahkan di negara asalnya, kelor dikenal sebagai tanaman ajaib karena khasiatnya yang banyak untuk kesehatan manusia.

Khasiat daun kelor di bidang kesehatan ini tidak tanggung-tanggung, bahkan telah diakui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Lembaga itu memasukkan daun kelor sebagai salah satu rekomendasi makanan untuk bayi demi memenuhi kebutuhan gizi mereka.

Manfaat Daun Kelor

Daun kelor kaya akan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam jurnal ilmiah berjudul "Moringa Oleifera is Prominent Source of Nutrients with Potential Health Benefits" yang terbit pada 2021 lalu menyebut kandungan vitamin C pada daun kelor bahkan tujuh kali lipat lebih banyak dari jeruk.

Tentu saja bukan hanya vitamin C, kandungan gizi dan nutrisi lainnya juga banyak. Mulai dari kalsium, protein, magnesium, hingga sebagai sumber fitonutrien.

Dengan kandungan gizi dan nutrisi yang banyak ini, ada beberapa khasiat daun kelor yang sangat sayang jika dilewatkan. Berikut manfaatnya:

1. Menurunkan kolesterol: Daun kelor memiliki efek menurunkan kolesterol, bahkan mirip dengan gandum dan biji rami.

2. Mencegah diabetes: Daun kelor dapat menurunkan kadar gula darah yang cukup tinggi. Studi menunjukkan bahwa konsumsi rutin dapat mengurangi gula darah hingga 13,5 persen.

3. Menjaga kesehatan prostat: Daun kelor dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada pria.

4. Menurunkan kadar asam urat: Rutin mengonsumsi rebusan daun kelor dapat menurunkan asam urat karena mengandung flavonoid, tanin, dan alkaloid.

5. Menurunkan risiko kanker: Kandungan antioksidan dan potasium dalam daun kelor dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

6. Menurunkan tekanan darah tinggi: Daun kelor mengandung zat seperti thiocarbamate, glikosida, dan nitril yang dapat menurunkan tekanan darah.

7. Obat cacingan: Daun kelor mengandung lektin, anti-inflamasi, antimikroba, serta anthelmintik yang dapat melawan parasit seperti cacing kremi dan cacing pita.

8. Menjaga kesehatan hati: Polifenol dalam daun kelor dapat menjaga kesehatan hati.

9. Mencegah gangguan ginjal: Antioksidan dalam daun kelor dapat mencegah gangguan pada ginjal.

10. Mengatasi asam lambung: Daun kelor dapat digunakan untuk menetralisir peningkatan asam lambung.

Itulah beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan, mulai dari masalah ringan hingga berat. Daun kelor dapat diolah dan dikonsumsi dengan berbagai cara.

Previous Post
Next Post

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 adalah pesantren salaf yang didirikan oleh KH. Yahya Syabrowi, Menggenggam Ajaran Salaf, Menatap Masa Depan

0 comments: