Kamis, 05 Oktober 2023

Tata Cara Membuat Artikel yang Baik

 

Artikel adalah suatu karya tulis lengkap berupa laporan atau esai yang dimuat dalam majalah, surat kabar, dan lain-lain. Tujuan penulisan artikel adalah untuk memberi informasi, menghibur, mempengaruhi, dan membujuk pembaca. Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara menulis artikel yang baik dan benar.

Artikel dapat dipahami sebagai karya tulis berdasarkan peristiwa dan argumentasi yang ditulis dalam bentuk laporan atau esai yang dimaksudkan untuk dimuat di media massa seperti majalah, portal informasi elektronik, dll. Saat pertama kali memulai, menulis artikel mungkin terasa sulit.

 


Tata Cara Membuat Artikel yang Baik

Temukan Ide Unik dan Menarik

Dengan menemukan inspirasi dalam pengalaman atau peristiwa sehari-hari yang sedang berlangsung. Cobalah berpikir kreatif dan dapatkan perspektif berbeda tentang topik yang sama.

 

Buatlah Judul yang Menarik

Judul merupakan faktor penting yang membuat pembaca tertarik membaca artikel yang Anda tulis. Untuk itu, penting bagi Anda untuk membuat judul yang menarik dan mudah dipahami dengan memperhatikan unsur SPOK.

 

Buat Urutan Teks yang Jelas dan Terstruktur

Jika Anda punya ide, Anda bisa membuat rangkaian teks terstruktur. Hal ini dilakukan untuk membantu pembaca lebih memahami isi artikel. Susun tulisan Anda dalam paragraf yang singkat dan jelas serta gunakan kata-kata yang mudah dipahami pembaca.

 

Referensi Terpercaya

Sumber data dapat diambil dari buku, jurnal atau penelitian yang telah diterbitkan sebelumnya. Pastikan sumber yang digunakan mempunyai reliabilitas yang baik dan tidak mencurigakan.

Buatlah Pendahuluan yang Singkat dan Ringkas

Paragraf pertama sebuah artikel dapat mempengaruhi keputusan pembaca untuk melanjutkan membaca atau tidak. Oleh karena itu, Anda perlu menulis paragraf pembuka yang menarik dan ringkas agar pembaca tertarik membaca artikel tersebut.

 

Tulislah Dengan Jelas dan Efektif

Hindari menggunakan terlalu banyak kata hanya untuk membuat artikel lebih panjang. Sebaiknya gunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami agar pembaca dapat memahami sepenuhnya informasi yang Anda sampaikan.


Gunakan Gambar

Menambahkan gambar seperti ilustrasi atau foto dapat meningkatkan kualitas artikel Anda. Gambar dapat menarik perhatian pembaca dan memperjelas pesan yang ingin disampaikan.

 

Gunakan Tabel dan Grafik

Selain gambar, penggunaan tabel dan grafik juga sangat membantu dalam meningkatkan kualitas tulisan. Selain menambah daya tarik, dapat memudahkan pembaca dalam memahami informasi yang disajikan.

 

Baca Kembali Artikelnya

Dengan mengoreksi tulisan, penulis dapat mengevaluasi struktur kalimat dan memperbaiki kesalahan penulisan seperti kesalahan ejaan. Ini juga membantu meningkatkan kualitas tulisan secara keseluruhan.

 

Berlatihlah Menulis Secara Teratur

Menulis adalah keterampilan yang dapat disempurnakan melalui latihan teratur. Anda bisa meningkatkan kemampuan menulis dengan terus berlatih setiap hari atau dengan membuat jadwal menulis secara rutin.

 

*Oleh: Muhammad Farhan (Tim Media PP. Raudlatul Ulum 1 Putra)

Previous Post
Next Post

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 adalah pesantren salaf yang didirikan oleh KH. Yahya Syabrowi, Menggenggam Ajaran Salaf, Menatap Masa Depan

0 comments: