Senin, 18 September 2023

11 Manfaat Tahu Yang Wajib Kalian Ketahui!

PPRU 1 Health | Tahu terbuat dari air kedelai pilihan dan diproses secara higienis. Meski mudah ditemukan dan harganya terjangkau, tahu juga memiliki banyak manfaat dan kaya akan nutrisi, mulai dari protein hingga serat. Makanan ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan mengoptimalkan fungsi otak.

Foto: Tahu

Apa manfaat kesehatan yang dimiliki tahu? Berikut ulasannya

1. Mengurangi Risiko Kolesterol Tinggi
Isoflavon kedelai dalam makanan sehat ini dapat menurunkan kadar kolesterol LDL “jahat”.
Meski tampaknya tidak meningkatkan kadar HDL atau kolesterol “baik” dalam tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan serat, protein, dan isoflavon pada tahu ternyata mampu menjaga kesehatan jantung. 
Ketika jantung Anda berfungsi dengan baik, Anda terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

3. Mencegah Kanker
Manfaat berikutnya adalah dapat membantu mencegah penyakit kanker. Memang isoflavon yang terkandung dalam makanan ini memiliki efek kuat dalam mencegah beberapa jenis kanker. Contohnya termasuk kanker prostat dan kanker payudara.

4. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Protein, khususnya protein nabati dari kedelai, mampu meningkatkan fungsi ginjal. Mungkin bermanfaat bagi orang yang menjalani dialisis atau transplantasi ginjal.

5. Mengoptimalkan Kesehatan Tulang
Tahu mengandung isoflavon yang dapat mengoptimalkan kesehatan tulang. Selain itu, makanan ini juga mengandung kalsium dan magnesium untuk membantu memperkuat tulang.

6. Makan Tahu Meningkatkan Kesehatan Otak
Tak hanya baik untuk kesehatan tulang, kandungan isoflavon pada tahu juga mampu meningkatkan kesehatan otak. Ini meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

7. Mengurangi Gejala Menopause
Bagi wanita yang memasuki masa menopause, gejalanya terkadang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

Menurut salah satu ulasan Research Gate, kandungan isoflavon pada tahu mampu mengurangi gejala menopause. Seperti kelelahan, hot flashes dan perubahan mood.

8. Mengurangi Risiko Diabetes
Beberapa penelitian membahas hubungan antara risiko diabetes dan konsumsi kedelai.
Salah satunya adalah penelitian tahun 2020 yang menjelaskan bahwa makanan kedelai, misalnya, juga dapat melindungi terhadap diabetes tipe 2.

9. Mengonsumsi Tahu Dapat Mengoptimalkan Fungsi Ginjal
Protein, khususnya protein kedelai, dapat mengoptimalkan fungsi ginjal. Tentu saja, ini akan bermanfaat bagi orang yang menjalani cuci darah atau transplantasi ginjal.

10. Mengurangi Risiko Peradangan Tubuh
Makanan ini kaya akan antioksidan dalam tubuh. Memenuhi kebutuhannya akan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan. Kerusakan sel dan jaringan dapat menyebabkan peradangan pada tubuh sehingga meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis.

11. Mengoptimalkan Pertumbuhan Rambut
Mengonsumsi tahu dapat memastikan kebutuhan protein tubuh tercukupi. Protein pada tahu dapat membantu membuat rambut menjadi lebih sehat sehingga mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

Selain tahu, ada juga masakan yang mudah ditemukan, diminati banyak orang, dan juga memiliki banyak manfaat, seperti tahu khususnya tempe.

Pertama, tempe bisa menghasilkan energi. Ahli diet terdaftar Amy Gorin mengatakan 3 ons tempe menyediakan 17 gram protein, yang dapat digunakan sebagai bahan bakar

Kedua, tempe memiliki kandungan serat yang luar biasa. Protein tempe dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Ketiga, tempe mengandung probiotik. Makanan fermentasi sangat baik untuk usus. Termasuk tempe.

Dengan mengonsumsi tempe, flora usus bisa meningkat sehingga membantu melawan peradangan. Selain itu, sistem kekebalan tubuh sebagian besar terletak di usus.

*Oleh: Abdul Naufal (Ketua Divisi Kebersihan dan Kerapian Santri PP. Raudlatul Ulum 1 Putra)

 

Previous Post
Next Post

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 adalah pesantren salaf yang didirikan oleh KH. Yahya Syabrowi, Menggenggam Ajaran Salaf, Menatap Masa Depan

0 comments: