Kamis, 10 Agustus 2023

Hilang Tiba-Tiba, Lalu Ada Kembali? Oleh: Al-Farisi

 

Pernahkah kalian kehilangan barang pribadi dan mencari-cari barang tersebut namun tidak kunjung bertemu?

Terkadang kita sampai memporak-porandakan tempat sekitar guna mencari barang itu. Parahnya lagi kita marah terhadap orang-orang sekitar dan menyangka mereka. Peristiwa seperti ini sering sekali terjadi dan terlebih lagi kita sebelumnya ingat betul di mana meletakkan barang itu. Bahkan banyak kejadian di sekitar kita entah kita sendiri atau orang lain yang mengalami hal tersebut. Barang lenyap secara misterius tanpa jejak, dan barang ini biasanya berupa kunci motor, pulpen, dan terkadang barang yang begitu penting seperti uang yang akan digunakan pada hari itu juga. “Perasaan tadi pulpen aku taro di sini, sekarang kok tidak ada, ya?”. Prasangka yang sering timbul dibenak kita.

Kalau kehilangan pacar itu beda lagi, perlu didiskusikan sambil ngopi dilain waktu. Nah, lalu setelahnya atau beberapa hari kemudian setelah mencari-cari, barang tersebut ada atau ditemukan tepat di mana kita ingat betul menyimpan barang tersebut, aneh sekali rasanya.

Disappearing Object Phenomenon (DOP) sebenarnya bisa terjadi akibat beberapa alasan.

Pertama karena kita yang lupa menaruh barang yang hilang, atau kemungkinan terjadi karena barang tersebut ada yang meminjamnya.

Kemudian bisa pula kita sebagai orang lokal Indonesia terkadang berpikir bahwa barang yang lenyap itu disembunyikan oleh makhluk halus (jin). Menurut studi, kejadian seperti ini dinamakan Disappearing Object Phenomenon (DOP).

Previous Post
Next Post

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 adalah pesantren salaf yang didirikan oleh KH. Yahya Syabrowi, Menggenggam Ajaran Salaf, Menatap Masa Depan

0 comments: