Jumat, 05 Maret 2021

Namanya Aja Istiqomah (opini)

 



Namanya Aja Istiqomah

Oleh : miftahul huda

Ungkapan kata yang sering kita dengar, jika dipikir secara akal memang mudah, tapi menjalaninya itu yang angel atau susah. istiqomah memiliki arti konsisten dalam melakukan kebaikan, teguh dalam suatu pendirian dan tidak akan tergoyahkan oleh sesuatu apapun dalam mendapatkan ridho Allah SWT. Jadi kita harus tahu bahwa bagi mereka yang istiqomah, akan mendapatkan pahala yang sangat besar yaitu berupa surga dan pertolongan dari Allah SWT. Semisal contoh yang sederhana adalah bagaimana cara kita bisa istiqomah shalat lima waktu tepat pada waktunya, tanpa menunda-nunda waktu kita untuk sholat. Sampai ada ungkapan                            ” istiqomah lebih baik dari pada 1000 karomah.” ungkapan ini sangat tepat.

Kita bisa berkaca kepada almaghfurlah Alm. KH. Yahya Syabrowi (pendiri sekaligus pengasuh  pondok pesantren Raudlatul Ulum 1), beliau disegani karena ke istiqomahan beliau mengajar untuk santrinya, hal ini jua nampak pada putra pertamanya yakni Alm. KH. Khozin Yahya (pengasuh kedua pondok pesantren Raudlatul Ulum1), beliau disegani karena keistiqomahan beliau membaca kitab suci Al-Qur’an, konon beliau sampai hafal bacaan  selanjutnya yang akan beliau  baca.

Oh iya, saya pernah membaca buku “Biografi KH. Yahya Syabrowi” terbitan pondok pesantren Raudlatul Ulum 1. Didalam buku tersebut menjelaskan istimewanya keistiqomahan KH. Yahya. Salah satunya adalah “istiqomah sholat berjamaah.”

KH. Yahya dikenal sangat menjaga istiqomah sholat berjamaahnya  dalam kondisi apapun, bahkan dalam kondisi sakit parah sebelum beliau wafat. Dimana kondisi beliau hanya bisa berbaring di ranjang, saat itu ketika beliau mendengar iqomah di mushollah pesantren, beliau bersusah payah untuk segera bangkit untuk mengimami sholat, salah satu putri beliau yang tidak tega melihat kejadian tersebut menganjurkan beliau untuk sholat di kamar saja dengan duduk. karena memang itikad beliau untuk istiqomah sholat sangat besar, maka jawaban beliau adalah “ya bentar dulu, nanti kalo nggak bisa baru.”

Di antara dawuh beliau Alm. KH. Yahya Syabrowi. yang sangat mahsyur dan masih hangat di bicarakan dan yang paling menjadi tantangan bagi santri PPRU 1, adalah dawuh beliau mengenai istiqomah sholat berjamaah. yakni, “santriku semua kalau berjamaah 41 hari berturut-turut tanpa putus, ketika pulang nanti jika tidak jadi orang alim, ya jadi orang yang berkecukupan/kaya.” ya itu adalah salah satu motivasi beliau kepada santrinya agar bisa istiqomah, mengingat istqomah mempunyai keutamaan yang besar.

Hal tersebut juga di uleti oleh pengasuh pondok pesantren Raudlatul Ulum 1 saat ini, yakni KH. Mukhlis Yahya. beliau secara langsung mengajar para santrinya mengaji kitab suci Al-Qur’an setiap hari, lebih tepatnya waktu selesai jamaah sholat ashar kecuali hari jum’at.

 Pernah pada suatu kesempatan sebelum memulai ngaji beliau KH. Mukhlis yahya.  Dawuh“kita ngaji ini tidak hanya untuk mengharap pahala membaca Al-Qur’an, tapi juga berharap agar kita mendapat barokah KH. Yahya Syabrowi.” hal inilah yang juga  menjadi  kunci keistiqomahan beliau mengajar di Ponpes yang kita cintai ini. Dulu pernah pada suatu kesempatanyakni pengalaman saya sendiri tepatnya di akhir tahun 2019, saat itu pengajian masih di laksanakan ba’da Isya’ namun pada tahun 2020 di ganti menjadi ba’da ashar. sebelumnya sore itu saya mendengar bahwa bupati malang yakni H. Sanusi  mau datang ke pondok untuk keperluan rapat koordinasi, pada waktu ba’da Isya’ di aula. Saat itu banyak alumni datang untuk ikut serta mengikuti rapat. Para Santri sudah siap untuk segera mengikuti pelaksanaan pembacaan ayat suci Al-qur’an yang dipimpin langsung oleh KH. Mukhlis yahya. disaat beliau ingin memulai ngaji ada salah satu alumni datang mendatangi beliau, entah apa saja yang dibicarakan kepada beliau, namun singkat yang saya dengar adalah alumni tersebut meminta KH. Mukhlis yahya.  Agar menunda pengajian Al-Quran dengan alasan bapak bupati akan segara datang, namun jawaban beliau tak lain adalah “bentar tak ngajar anak-anak dulu.”Lalu beliau memulainya, mungkin alumni tersebut malu, sontak saja alumni tersebut ngeloyor pergi. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an berlangsung, saat proses ngaji berlangsung selama 15 menit datang lagi seorang alumni lain dengan wajah tak sabaran menghampiri beliau, pesan yang disampaikan oleh alumni tersebut tidak jauh dari pesan yang disampaikan oleh alumni sebelumnya, yakni meminta beliau segera menyudahi pembacaan ayat suci Al-Qurankarna pak bupati sudah datang, namun jawaban beliau adalah “ya sekalian tak rampungkan 3 makhraj.” itu yang saya dengar karena memang jarak saya dengan beliau berdekatan mungkin sekitar satu sampai satu setengah meteran.

Dari cerita tersebut kita bisa belajar betapa besar fadilah istiqomah, se-urgent apapun kondisinya siapapun yang mau datang mau orang penting  apa enggak beliau lebih memilih mendahulukan kegiatan keistiqomahan beliau mengajar. Tidak hanya berharap mendapat pahala membaca Al-Qur”an. tapi juga mengharap supaya seluruh santrinya mendapat barokah KH. Yahya Syabrowi. Maka kita sebagai santri beliau khususnya saya, harusnya malu jika tidak bisa mencontoh ilmu istiqomah beliau. semoga dengan adanya opini ini bisa dijadikan landasan supaya kita bisa istiqomah dalam berbuat kebaikan, khususnya untuk santri pondok pesantren Raudlatul Ulum 1.

 

Previous Post
Next Post

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 adalah pesantren salaf yang didirikan oleh KH. Yahya Syabrowi, Menggenggam Ajaran Salaf, Menatap Masa Depan

0 comments: