Raudlatul Ulum 1

Menatap Masa Depan, Menggenggam Ajaran Salaf

Breaking

Sunday, 25 August 2019

KURANGNYA KESADARAN KEBERSIHAN


oleh: M. Choirul Anam

Pondok pesantren adalah tempat persinggahan bagi kalangan santri untuk minimba ilmu. Berbagai ilmu yang dipelajari di pondok pesantren itu beraneka ragam, seperti Nahwu, Fikih, Sarraf, dan lain-lain.

Selain itu, di pondok pesantren juga diajarkan kepada para santrinya untuk menjaga kebersihan. Salah satunya adalah dengan cara diadakanya jadwal piket setiap harinya, karena kebersihan merupakan bagian penting untuk kesehatan dan kebersihan adalah sebagai pelengkap keimanan.

Kenyataan yang terjadi di pondok pesantren kita, anak-anak itu sering meremehkan pentingnya kebersihan. Buktinya masih banyak sampah berserakan yang sering diabaikan walaupun itu sepuntung rokok.

KURANGNYA KESADARAN KEBERSIHAN
Pengurus pun bingung bagaimana cara menghadapi hal tersebut. Segala upaya telah dikerahkan tetapi tetap saja kekotoran merajarela di setiap tempat.

Kamar mandi yang seharusnya bersih tetapi pada kenyataanya kotor. Aliran air pembuangan sering kali tersumbat akibat teman-teman santri yang membuang sampah sembarangan, padahal sudah ada tempat sampahnya tapi tetap saja teman teman teman santri itu membuang sembarangan. Hal ini bisa membuat nyamuk-nyamuk berkembang biak dan jika telah berkembang biak nyamuk-nyamuk tersebut bisa menggigit dan menyebabkab penyakit.

Apalagi tempat pembuangan sampah yang berada di selatan kompleks pesantren, dulu sebelum dipindah ke utaranya SMK. Sampah yang seharusnya dinaikkan ke bak sampah tidak dilakukan dengan benar oleh teman-teman. Sampah yang seharusnya berada di bak truk tapi malah berceceran di bawah.

Hal yang sangat mengherankan adalah teman teman itu membuang sisa makanan ke pot bunga dan membuat bunga-bunga itu menjadi layu terus mati. Bukan itu saja, sisa makan yang dibuang ke pot tersebut lama-kelamaan akan dikerumuni ulat.

Hari Jumat pagi adalah hari kerja bakti santri. Kebanyakan santri itu bukan mengambil sapu atau alat bersih-bersih lainya, akan tetapi yang diambil adalah selimut dan bantal.

Jadi kita itu harus sadar dan jangan menunggu disuruh baru kita melakukan. Kita harus membersihkan tempat-tempat yang kotor tanpa disuruh oleh siapapun dan kita harus sadar bahwa hidup sehat itu amatlah penting.

No comments:

Post a Comment