Senin, 01 Februari 2021

Aksara Terlengkup Tangan Depan Dada (puisi)

 

Aksara Terlengkup Tangan Depan Dada

Oleh: Afro’ Makiyatus Syarifah

 

Tergugu bisu,

Terasa kaku lesu

Belum sempat membahagiakan

Tapi sudah mengecewakan.

Malu teramat sangat,

Tapi semua terlanjur telat

Banyak kata ‘Seharusnya’ muncul berkelebat

Semakin membuat sesak tiada tara

Maaf,

Bahkan definisi kata tak mungkin laras

Semua asa menguap.

Bertaburan-berserakan.

Terkunci- Terperangkap

Lantas angan berandai hilang jua

Namun poros ingatan memberi kata

“Tuhan tak mungkin salah tentang takdir penempatan hamba-Nya”


Paku Alam Menipis (puisi)

 


Paku Alam Menipis

Oleh: Afro’ Makiyatus Syarifah

 

Akhir-akhir ini,

Langit berduka

Semesta dihadiahi sunyi

Ditemani gemuruh tangis

Tak henti-henti

Berulang kali.

Jeda perlahan,

Berlipat kemudian

Belum lagi.

Bumi meratap

Sekitar sedang tak sehat

Tubuh bergelombang getir

Semakin tiada akhir

Nasehat mencuat

Prasangka berkelebat

Tenangkan,

Ada Sang Maha Cinta

Diatas Segalanya


SIMATREN & RU-MART, LANGKAH BERANI DARI PESANTREN TUA

 


SIMATREN & RU-MART, LANGKAH BERANI

DARI PESANTREN TUA

Oleh: Badruzzaman ibn Mas’ud

 

Pondok Pesantren adalah pilar syariat yang telah lama hadir di Bumi Nusantara bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka. Santri, Kyai, beserta Pondok Pesantren turut andil dalam perjuangan kemerdekaan Republik Merah Putih ini, maka sampai kapanpun Pondok Pesantren tak akan pernah terhapus dari sejarah perjalanan panjang Indonesia.

Di Pondok Pesantren diajarkan tentang Tauhid, Fikih, Tashawuf dan lain sebagainya. Semua yang berkaitan dengan agama selalu dianggap suci oleh masyarakat dan itulah paradigma yang telah tumbuh mengkristal. Di Pesantren para pelajar yang lebih kondang dengan sebutan santri terkenal dengan akhlaknya yang menawan, tutur kata yang menakjubkan, dan wajah yang rupawan.

Agama Islam mengajarkan untuk tawakkal, tawakkal itu adalah tumpuan terakhir dalam suatu usaha atau perjuangan dan ikhlas menerima apapun hasil akhirnya. Agama Islam-pun mengajarkan untuk qona’ah yang jika diartikan secara istilah, qanaah  memiliki arti merasa cukup serta rela menerima apa yang diberikan oleh Allah SWT. Tetapi yang harus digaris bawahi apakah tawakkal danqona’ah direalisasikan dengan kekolotan? Dengan pakaian santri yang compang camping? Dengan busana santri yang kusam seolah tak pernah dicuci berbulan-bulan? Dengan tidak bolehnya Praktisi Pondok Pesantren terjun ke dunia politik? Ini adalah sedikit contoh dari paradigma yang sudah mengkristal dari pandangan beberapa kalangan atas Santri, Kyai, dan Pondok Pesantren. Tatkala Santri menggunakan pakaian kusam, jelek, warna yang memudar disebut santri kok tidak bersih?, padahal kebersihan adalah sebagian dari iman. Tatkala wujud fisik dari Pondok Pesantren memprihatinkan dan sedikit-banyak tidak layak huni, disebut Pondok Pesantren kok jelek amat?. Tatkala pembayaran biaya Pondok Pesantren dinaikkan nominalnya, disebut Pondok Pesantren kok menyebarkan agama berkedok finansial? Tatkala praktisi atau alumni Pondok Pesantren atau bahkan Kyainya terjun memperjuangkan rakyat dijalur dunia perpolitikan, disebut Kyai kok masuk partai, partai kan banyak korupsinya, dunia politik kan identik dengan dunia “hitam”?.

Ini adalah mindset yang keliru dan bisa diperbaiki. Islam dan Pondok Pesantren memang mengajarkan tawakkal dan qona’ah tetapi jangan lupa pula bahwa Islam dan Pondok Pesantren mengajarkan umatnya agar berikhtiar dan berdo’a. Bersamaan dengan itu kemajuan teknologi yang mendunia tak bisa dielakkan. Demam teknologi telah menjadi candu para ahli IT untuk berlomba menghasilkan teknologi mutakhir yang berguna dalam kehidupan manusia. Sebut saja Mobil Listrik bernama Tesla hasil karya Elon Musk. Kini dengan kecanggihan teknologi, kita bisa berjalan menggunakan mobil Tesla tanpa menyentuh kemudinya, biarkan Tesla dan kecanggihannya mengantarkan kita ketempat tujuan. Sembari Tesla mengantarkan kita dalam perjalanan, kita bisa dengan santuy ngopi, You-tube-an, video call pacar dan terserah apapun yang kita mau. Atau mari kita beralih ke sesuatu yang lebih simple yakni Telpon Genggam atau Handphone atau HP. Saat ini, siapa yang tidak kenal dengan barang mungil bernama HP ini dan sudah berapa banyak orang dibelahan dunia yang tidak bisa hidup tanpa barang ini.  Teknologi bias mendatangkan kemaslahatan namun ia juga bias menghadirkan kemudaratan. Sisanya tergantung bagaimana kita sebagai user menggunakannya.Poinnya adalah manusia tidak bias dan tidak boleh menolak Teknologi.

Tanpa menafikan tawakkal dan qona’ah, ditambah dengan kesederhanaan yang menjadi ciri khas Pondok Pesantren klasik. Langkah berani itu akhirnya datang dari Pesantren tua bernama Raudlatul Ulum 1 Ganjaran Gondanglegi Malang. Dikenal sebagai Pesantren Tua yang tak terhempas oleh kerasnya zaman, Pesantren yang didirikan oleh Al-Mukarrom Al-Maghfirlah KH Yahya Syabrowi ini tetap exis dan bersaing. Yang terbaru kini PPRU 1 telah maju dengan terobosan teknolgi bernama Simatren. Simatren adalah singkatan dari Sistem Informasi Pesantren. Kini dengan mudahnya para wali santri dimanapun mereka berada bisa mengakses setiap informasi tentang putra-putrinya dilaman https://simatren.com/. Tidak harus diakses melalui PC, laman https://simatren.com/ juga bisa diakses melalui gadget. Ragam informasi tersaji di Simatren seperti kegiatan Pondok Pesantren, adminitrasi umum, administrasi keuangan, prestasi Santri dan akan terus update menu kedepannya. Simatren menjadi barang wajib yang harus diketahui oleh wali santri. Ini adalah langkah maju nan berani dengan memanfaatkan teknologi dan internet. Yang lebih membanggakan lagi, Simatren merupkan karya dari Kepala Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Putra yakni Gus AbdurrohimSa’id, M. Pd.

Saat ini pengguna Simatren tidak hanya PPRU 1 Malang, Karya Master-piece dari Gus Abdurrohim ini setidaknya sudah diaplikasikan oleh 10 (sepuluh) Pondok Pesantren. Seperti beberapa Pondok Pesantren di Desa Ganjaran, PP. Al-Jawi Surabaya, PP. Darun Najah Jember, PPRU Al-Khaliliyah Kubu Raya, PP. Darut Tauhid Injelan Sampang, dan PP. Tahfidz Yanbu’ul Qur’an 3 Batam. Jelas ini merupakan prestasi di dunia Kepesantrenan yang semula dicap kolot tapi kini modern dan bersaing.

Tidak berhenti sampai disitu, kini Pondok Pesantren yang diasuh oleh Al-Mukarrom KH Mukhlis Yahya juga bersaing dibidang ekonomi pesantren. Hal ini diwujudkan melalui lahirnya The New RU-Mart, sejatinya koperasi bukan barang baru di Pesantren ini tapi kali ini berbeda. RU-Mart hadir dengan wajah segar, siap melayani pembeli dari dalam dan luar Pesantren. Menu yang adadi dalam nyapun tidak sekedar kebutuhan sehari-hari melainkan juga sedia aneka Kitab-Kitab Kuning Klasik serta bahan ajar lainnya.Jika anda merupakan alumni PPRU 1, maka tidak sah rasanya jika belum mengetahui dan berbelanja di RU-Mart yang kini dipimp inoleh Gus Syarif Hidayatullah, M.Pd. dan Ust Umar Faruq, M. Pd.

Proses pembayarannya-pun di RU-Mart sudah modern dengan menggunakan barcode seperti di supermarket besar. Secara tidak langsung hal ini memperkenalkan kepada para santri tentang kemajuan dan modernisasi teknologi yang sudah diterapkan dibanyak tempat. Sehingga santri tidak kaget juga bias beradaptasi dengan modernisasi teknologi.

Tidak akan berhenti hanya sampai disini, kedepannya Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Ganjaran Gondanglegi Malang akan kembali melakukan terobosan yang konstruktif demi kemaslahatan bersama. Akhir kata, inilah Pondok Pesantren Raudlatul Ulum1 Malang yang tidak anti akan Modernisasi Teknologi.

                                                                                               

Dan aku bersaksi bahwa rindu ini adalah utusanmu (puisi)

 


Dan aku bersaksi bahwa rindu ini adalah utusanmu

Oleh: Farhan

 

Sewaktu malam dengan hujan berbisik padaku

Datanglah rindu mengetuk pintu rumahku

Mulanya, aku tak tau rindu siapa

Kupersilahkan masuk, ia masuk

Kupersilahkan duduk, ia duduk

Setelah lama berbincang, kupersilahkan ia makan

Dan ia melakukan

Mempersiapkan piring

Mengambilkan nasi

Menuangkan air hangat

Lalu menyalakan lilin

Duduk menunduk, berdoa pada ia

Dari begitu sopannya rindu itu padaku

Aku bersaksi bahwa tiada wanita selain dirimu

Dan aku bersaksi bahwa rindu ini adalah utusanmu

Aku bersaksi bahwa tiada wanita selain dirimu, kasih. (cerpen)

 



Aku bersaksi bahwa tiada wanita selain dirimu, kasih.

Oleh: Muhammad Farhan

Gemetar tanganku ketika mulai menuliskannya untukmu. Hatiku linglung, otakku limbung. Ketika hendak menulis, banyak yang kurasa. Setelah kupegang pena, hilang otakku seutuhnya. Maaf kupinta jika tulisku tak seromantis surat cinta kekasih pada kekasihnya. karena ketika aku menuliskannya untukmu hatiku diambang linglung, otakku diambang limbung.

Bersama dengan surat ini ada, kukirimkan juga padamu seperangkat bias senja -segerombol burung yang mengangkasa, selengkung pelangi dengan selusin warna, sewarna jingga yang kobarannya membara. Selain itu, untukmu, kukirimkan juga semilir angin yang membelai halus rambutmu, mengelus lembut pipimu, mencubit manja ujung hidungmu. Karena untuk melakukannya sendiri, diriku, belumlah qobiltu.

Perihal perkataan yang pernah dikatakan oleh gurumu, maaf, aku tak setuju. Katanya, berkhayal itu dapat menyebabkan gangguan kejiwaan. Sama seperti rokok yang dapat menyebabkan gangguan kehamilan. Katanya seperti itu. Suatu ketika, aku mencobanya untuk membuktikan apa yang dikatakan oleh gurumu itu dan ternyata hasilnya malah sebaliknya, aku mengalami gangguan jiwa.

Ceritanya, setelah mengetahui itu, aku mencoba untuk tidak menghkayalkan dirimu. Sebisa mungkin kulakukan itu. Tapi nyatanya, esoknya, aku dilanda gila. Lama. Hingga aku memimpikanmu. Walaupum hanya sekedar mimpi, tapi hadirmu padaku sangatlah membantu. Kala itu, kala malam telah tiba, aku mendatangi kamarmu dengan pakaian yang begitu sederhana lalu kita bercakap-cakap dengan bertatap muka. Kita terus saja bercakap-cakap hingga dirimu meminta izin kepadaku untuk tidur. Setelah dirimu tertidur, aku mencoba untuk memijatmu. Tapi dirimu malah terbangun. Ketika kutanya mengapa, dirimu malah menjawab “jangan gitu talah, cak. Geli loh”

Walaupun aku tak begitu setuju dengan gurumu, tetap saja kuperintahkan angin agar mengirim awan untuk melindungi pulangmu dari sekolah. Karena jangankan untuk memegang bajumu, menyentuh bayanganmu saja cemburuku sudah setengah mati.

Yang kupinta hanya awan, yang datang malah hujan. Terkadang, begitulah semesta, suka bercanda. Tapi tak apa, dengan begitu, denganmu, diriku dapat bercumbu rayu lebih lama dari waktu biasanya.

Dalam surat yang kutuliskan teruntukmu saja, diantara sela kata demi kata, kusisispkan juga gebu rindu yang tak kuasa kusimpan dalam hatiku. Dalam sela kata, semuanya. Kutaruh disitu, hanya untukmu. Engkau tak perlu risau perihal rindu yang ada dalam hatiku. Secepat mikroba yang membelah diri menjadi 2, rindukupun juga sama. Bahkan sampai berjuta-juta lipatannya. Menumpuk jadi satu, dalam hatiku. Walaupun aku belum melamarmu, tapi percayalah, bahwa dalam sukmaku sudah banyak anak cucu darimu.

Layaknya maheswari dicipta, cantikmu juga tak kalah rupa. Lihatlah Betapa malunya purnama ketika ia melihat matamu berkedip manja. Betapa malunya ilalang ketika ia melihat lentik bulumatamu menusuk emasnya rembulan. Betapa malunya rintik hujan ketika ia melihat bibirmu tersenyum menenangkan. Betapa malunya tuhan ketika ia  melihat wajahmu... tidak. Aku tidak mau memujimu seperti itu. Bukan karna aku tidak mampu. Bukan. Aku tidak mau memujimu seperti itu karna bila aku memujimu seperti itu, yang kutakut satu, tuhanmu cemburu. Biarlah dengan kata tersederhana, padamu, aku memuja. Biarlah dengan kata teringkas, dirimu, dalam hatiku membekas. Biarlah.

Selain kepadamu, aku juga mengagumi penciptamu. Aku mengaguminya karena ia telah begitu romantis padaku. Bayangkan saja betapa romantisnya tuhanmu padaku. Ia telah menciptakan kamarmu untuk menghadap senja. Dan ia pula yang telah menciptakan kamarku untuk menghadap kamarmu. Ah, tuhan. Betapa romantisnya dirimu. Aku tersipu malu.Engkau membuat kamarnya menghadap senja. Dan engkau membuat kamarku menghadap kamarnya. Sungguh. Romantismu padaku tiada tandingan, tuhan.

Semoga saja, selain itu, tuhanmu juga mengijabahi doaku. Aku tidak mendoakanmu disepertiga malamku. Aku juga tidak mendoakanmu agar menjadi milikku. Aku hanya mendoakanmu dilima waktuku. Itupun sebatas kebahagiaanmu dan keselamatanmu. Duniamu dan akhiratmu. Tidak dengan jodohmu. Aku tidak berdoa demikian, karna aku tak mau dianggap sebagai pendikte tuhan. Aku tak mau. Bukan tak mau bila engkau menjadi milikku. Melainkan aku tak mau mendikte tuhan agar kamu menjadi milikku. Tuhanmu tentu maha peka lagi bijaksana. Dengan mendoakanmu dilima waktuku, tentu tuhanmu sudah tau bahwa aku, padamu, ingin menatap sekaligus menetap, ingin singgah sekaligus sungguh, ingin kisah sekaligus kasih.

Aku padamu, i love you.

 

Kekasihmu

Farhan.

 

Baca juga puisi 

..