Selasa, 13 Februari 2024

Penyebab Hipertensi pada Anak: Apa yang Perlu Anda Ketahui

PPRU 1 Health | Hipertensi pada anak bukanlah hal yang biasa, dan seringkali disebabkan oleh faktor lain seperti gangguan pada ginjal. Dokter spesialis anak-konsultan, Muhammad Heru Muryawan, menjelaskan bahwa sebagian besar kasus hipertensi pada anak disebabkan oleh masalah ginjal. Ini merupakan alasan yang sangat penting untuk diperhatikan dengan serius karena jika tidak ditangani dengan baik, masalah ginjal ini bisa berlanjut hingga dewasa.

Selain gangguan pada ginjal, ada beberapa kondisi lain yang bisa menjadi penyebab hipertensi pada anak, seperti tumor, disfungsi endokrin, atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Gangguan ginjal yang umum, seperti glomerulonefritis, gangguan ginjal akut, penyakit ginjal kronik, atau kelainan kongenital ginjal dan saluran kemih, juga dapat menjadi pemicu hipertensi pada anak.

Beberapa faktor risiko yang juga perlu diperhatikan adalah faktor keturunan, kurangnya aktivitas fisik, konsumsi gula-garam-lemak berlebih, kebiasaan merokok orang tua, obesitas, dan bayi yang lahir dengan berat badan rendah dan kemudian mengalami kelebihan berat badan.

Jika anak Anda mengalami hipertensi, sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis yang tepat dan penanganan yang sesuai. Deteksi dini dan penanganan yang tepat bisa mencegah komplikasi yang lebih serius di kemudian hari.

 

Previous Post
Next Post

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 adalah pesantren salaf yang didirikan oleh KH. Yahya Syabrowi, Menggenggam Ajaran Salaf, Menatap Masa Depan

0 comments: