Sabtu, 20 Januari 2024

Pentingngnya Kerjasama Luar Negeri Dalam Kajian Islam

PPRU 1 Fiqh | Kerja sama antarnegara memiliki peran penting dalam ajaran Islam, dengan pandangan bahwa semua manusia adalah bersaudara dan umat Islam harus saling membantu dalam kebaikan dan ketakwaan. Profesor Wahbah Az-Zuhaili menjelaskan bahwa dalam Islam, hubungan luar negeri mirip dengan pemahaman negara modern, dengan tujuan mencapai cita-cita kemanusiaan yang luhur di bawah naungan keamanan dan perdamaian.

Islam mendorong kemerdekaan internal dan eksternal serta kerja sama dengan negara lain untuk kebaikan umat manusia. Konsep ini ditemukan dalam pandangan Islam tentang hubungan internasional, di mana Islam mencoba menemukan keseimbangan antara tuntutan realitas dan idealisme prinsip. Islam mengajarkan untuk tidak mengabaikan kondisi dunia internasional, sambil tetap menjalankan tugas dakwah dan menegakkan prinsip-prinsipnya.

Rasulullah saw, sebagai contoh, mengambil langkah berani dalam hubungan internasional saat mengirim utusan ke berbagai negara untuk memperkenalkan Islam. Dalam konteks modern, kerja sama antarnegara semakin penting, mengingat tantangan global seperti perubahan iklim, kemiskinan, dan terorisme.

Dalam Al-Qur'an, Allah menekankan bahwa manusia diciptakan dalam bentuk suku bangsa dan bersuku-suku agar saling mengenal, dengan ketakwaan sebagai penentu keutamaan. Islam mengajarkan tolong-menolong dalam kebajikan dan takwa, sambil melarang tolong-menolong dalam dosa dan permusuhan.

Islam mencabut akar-akar kedengkian dan kebencian antarmanusia, menggantinya dengan semangat cinta kasih, persaudaraan, dan persatuan. Pentingnya kerja sama antarnegara menjadi urgensi dalam mencapai perdamaian dan kesejahteraan dunia, sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

Kerjasama antarnegara juga dilihat sebagai bentuk pelaksanaan nilai-nilai Islam yang mendorong umat manusia untuk saling mencintai, menghormati, dan bekerja sama. Islam tidak hanya menekankan perdamaian, tetapi juga semangat cinta kasih, persaudaraan, dan persatuan antar umat manusia.

Dengan pandangan Islam yang mengedepankan kerja sama, tolong-menolong, dan perdamaian, kerjasama antarnegara di era modern menjadi suatu keharusan. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai Islam yang mengajarkan umat manusia untuk bekerja sama menciptakan dunia yang damai, adil, dan sejahtera.

Previous Post
Next Post

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 adalah pesantren salaf yang didirikan oleh KH. Yahya Syabrowi, Menggenggam Ajaran Salaf, Menatap Masa Depan

0 comments: