Selasa, 12 Desember 2023

7 Kandungan Skincare yang Aman untuk Kulit Berjerawat

PPRU 1 Tips | Mengatasi jerawat memerlukan waktu dan perhatian khusus dalam memilih produk perawatan kulit. Penggunaan skincare yang tidak tepat dapat meningkatkan peradangan pada jerawat.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari produk yang tidak memiliki label Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pilihlah skincare yang mengandung bahan-bahan aman dan tidak merusak kulit, disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki.

Beberapa kandungan skincare yang direkomendasikan untuk kulit berjerawat antara lain:

1. Asam Salisilat (Salicylic Acid): Bahan ini umum digunakan dalam produk skincare untuk mengatasi kulit berjerawat dengan membuka pori-pori yang tersumbat oleh sebum. Selain itu, asam salisilat berfungsi sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati.

2. Sulfur: Sulfur memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat mengurangi bakteri penyebab jerawat, seperti propionibacterium. Bahan ini cocok untuk mengatasi komedo dan mengurangi produksi minyak pada wajah.

3. Asam Azelaic (Azelaic Acid): Azelaic acid memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang membantu membersihkan pori-pori dari bakteri penyebab jerawat. Bahan ini juga dapat mencerahkan wajah dan memudarkan bekas jerawat.

4. AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid): Kedua jenis asam ini berfungsi sebagai exfoliant untuk mengeksfoliasi kulit. AHA lebih cocok untuk masalah bekas jerawat, hiperpigmentasi, pori-pori besar, dan warna kulit tidak rata, sementara BHA dapat membuka pori-pori yang tersumbat.

5. Minyak Kayu Manis (Tea Tree Oil): Minyak esensial ini memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang membantu mengurangi kemerahan, bengkak, dan peradangan pada jerawat. Tea tree oil juga dapat mencegah serta mengurangi bekas jerawat.

6. Ekstrak Lidah Buaya: Ekstrak lidah buaya bersifat antiinflamasi dan antimikroba, membantu meredakan jerawat serta mengurangi peradangan pada kulit berjerawat.

7. Benzoyl Peroxide: Bahan ini efektif dalam membunuh bakteri penyebab jerawat dan membersihkan pori-pori. Namun, penggunaannya perlu diawasi karena dapat menyebabkan iritasi pada beberapa individu.

Memilih skincare dengan kandungan-kandungan ini dapat membantu merawat kulit berjerawat dengan lebih efektif. Tetap perhatikan jenis kulit dan hindari penggunaan produk yang menyebabkan iritasi.

Previous Post
Next Post

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 adalah pesantren salaf yang didirikan oleh KH. Yahya Syabrowi, Menggenggam Ajaran Salaf, Menatap Masa Depan

0 comments: