Senin, 30 November 2020

SANTRI HARUS TURUT ANDIL PADA PESANTRENNYA (Opini)


Foto Kang Khozin saat merenovasi bangunan unit usaha kantin di Raudlatul Ulum 1 

SANTI HARUS TURUT ANDIL
PADA PESANTRENNYA

Oleh: Gus Shofi Mustajibullah

Dalam suatu acara, Romo Yai Nurul Huda Djazuli pernah dawuh, “Kepemilikan pesantren sebenarnya ada pada santri”. Jika di telaah lagi dawuh dari beliau, pesantren tak ada bedanya dengan rumah dari para santri yang tinggal disana. Kalu bukan santri, siapa yang setiap harinya membersihkan seluruh area pesantren. Kalau bukan santri, siapa yang tidur di sana setiap harinya. Dan kalau bukan santri, siapa yang hari-harinya selalu melalui segala permasalahan, rasa senang, rasa duka, dan rasa-rasa lainnya kalau bukan santri itu sendiri.

Karenanya, santri harus mempunyai chemistry yang kuat pada tempat di mana mereka benar-benar membentuk karakter atau jatidiri manusia sebenarnya. Bagaimana caranya? Turut andilah pada pesantren yang di tempati. Tak perlu ribet, seperti rajin dalam mengikuti kegiatan yang sudah di tentukan, tidak melanggar peraturan, membantu pengurus dalam menjalankan tugas mereka, atau bahkan membantu terlaksananya harapan-harapan dari para Masyayikh.

Untuk apa itu semua? Yang jelas demi menumbuhkan rasa kesan yang besar pada pribadi setiap santri. Semua hal di dunia ini yang dapat menimbulkan kesan, sampai matipun pasti akan selau teringat. Ciptakanlah kesan-kesan yang mengena, supaya ketika keluar dari pesantren nanti, amaliyah-amaliyah yang di dapat akan terus langgeng.

Tantangan terberat seorang santri bukan di saat dia kehilangan sandalnya, tidak dapat pajek makan, atau telat kiriman, melainkan apakah setelah boyong dari pesantren, dia masih menjadi santri seutuhnya atau tidak sama sekali. Itulah permasalahn utama.

Untuk itu, tumbuhkanlah mahabbah sebesar mungkin pada pesantren dan turut andilah di dalamnya. Insya'allah sendi-sendi pesantren menjadi berkesan di hati dan senantiasa menjelma di dalam kerinduannya. 

Andai semesta ini berubah bagimu, tetaplah berjalan di jalanmu. Jangan berubah.

(Maulana Jalaluddin Ar-Rumi)

Previous Post
Next Post

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 adalah pesantren salaf yang didirikan oleh KH. Yahya Syabrowi, Menggenggam Ajaran Salaf, Menatap Masa Depan

0 comments: