Raudlatul Ulum 1

Menatap Masa Depan, Menggenggam Ajaran Salaf

Breaking

Thursday, 20 August 2015

MA'RUFI : Balajar, Mengamalkan, Dan Menghiasi Serta Menyebarkan Ilmu

Kamis [20/08/2015], Tahap kedua MA'RUFI (Masa Ta'aruf Santri) PPRU 1 Putra dilaksanakan. Hadir sebagai pemateri kali ini, Wakil Kepala Pesantren Ust. Khoiran Halim S.Pd.I. Sejak awal memang dijadwalkan acara akan berlangsung lebih lama daripada pertemuan sebelumnya. 

Wakil Kepala Pesantren Ust. Khairan Halim Saat Memberikan Materi 



Hal ini dikarenakan memng kegiatan malam jumat dipesantren masih belum sepenunya aktif, sehingga acara dapat dimulai sejak dini, dan memang materi untuk tahap kedua ini cukup penting. 

Pada tahap ini, para santri baru diberi materi berkenaan dengan Pemantapan Akhlakul Karimah. Wakil Kepala Pesantren, yang sekaligus staf pengajar Madrasah Diniyah PPRU 1 Putra ini menegaskan pentingnya akhlakul karimah bagi seorang santri. Mulai dari tutur kata, penampilan bahkan sikap. Selanjutnya, beliau juga menegaskan, setidaknya ada empat hal yang perlu diingat oleh santri [khususnya santri baru], bahwa ketika seseorang belajar, maka harus disertai dengan niat akan mengamalkan ilmu yang akan diperolehnya. Namun, tidak sampai disitu, dia juga harus menghiasi ilmu tersebut dengan Akhlakul Karimah, dan selanjutnya memiliki tanggung jawab untuk menyebarkannya ditengah--tingah masyarakat, ketika para santri pulang.

Peraktik Akhlakul Karimah saat MA'RUFI Tahap ke II

Dalam tahap ini, ada yang cukup menarik, materi pemantapanakhlakul karimah bukan hanya terbatas pada teori, akan tetapi Ust, Khairan Halim yang saat ini juga menjabat sebagai ketua konsulat ISKAB (Ikatan Santri kalimantan Barat) ini juga sesekali memanggil peserta untuk maju dan memeraktikkan akhlak/ etika ketika bersosial, termasuk ketika menghadap seorang guru dan lain sebagainya. [red]

No comments:

Post a Comment