Raudlatul Ulum 1

Menatap Masa Depan, Menggenggam Ajaran Salaf

Breaking

Monday, 17 August 2015

MA'RUFI, PPRU 1 Putra "Peserta Didik Baru Harusnya Dimuliakan Bukan Dihina"

Senin [17/08/2015] Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Putra Ganjaran, untuk pertama kalinya mengadakan masa perkenalan santri. Acara ini seyogyanya sudah direncanakan sejak lama, namun baru tahun ini acara tersebut diadakan. 

Pembacaan PANCA IKRAR

MA'RUFI tersebut merupakan acara yang wajib diikuti seluruh santri putra yang baru masuk, dengan jadwal yang terbagi menjadi empat tahap pertemuan dengan materi yang berbeda. yaitu :

Jadwal MA'RUFIMasa Ta'aruf Santri PPRU 1 Putra
  1. Perkenalan & Pemantapan Niat Santri, Senin, malam selasa [01 Dzul Qa'dah 1436, 17 Agustus 2015]
  2. Pemantapan Akhlakul Karimah, Kamis, Malam Jum'at [04 Dzul Qa'dah 1436, 20 Agustus 2015]
  3. Pengenalan Keluarga Dalem dan Program Pesantren, Senin, malam Selasa [08 Dzul Qa'dah 1436, 24 Agustus 2015]
  4. Pemantapan Undang-undang, Kamis, malam Jum'at [11 Dzul Qa'dah 1436, 27 Agustus 2015]


Kepala Pesantren dalam sambutannya menegaskan, bahwa MA'RUFI ini sebenarnya seperti halnya MOS (Masa Orientasi Siswa) atau OSPEK jika disekolah formal. Namun, yang jelas proses MA'RUFI tidak menggunakan cara-cara pencoloan, apalagi kekerasan. MA'RUFI justru menggunakan cara yang terhormat, bukan hanya bertujuan agar para santri mengenal pesantren, namun juga mengenali dirinya datang kepesantren, dan mengarahkan niat mereka masuk pesantren. Bukan hanya semata-mata hanya ingin mendapatkan status formal / Ijasah belaka.

Selanjutnya beliau menambahkanm, "Penggunaan cara-cara terhormat dalam MA'RUFI dikarenakan pesantren menganggap bahwa para santri baru adalah generasi Islam yang mulia, dengan sederet keutamaan yang diberikan Allah swt. Maka tidak layak jika sebuah lembaga pendidikan, memperlakukan peserta didik baru dengan tidak terhormat, pencoloan, seperti yang sampai saat ini terjadi diberbagai acara MOS, ataupun OSPEK dibeberapa lembaga pendidikan. Namun tentu tetap mengajarkan kedisiplinan,  kerapian, kebersihan dan lain sebagainya"

Dalam acara ini juga diselenggarakan pembacaan Panca Ikrar, Penjelasan Motto Santri, dan pengenalan satu-per-satu santri baru dihadapan kepala Pesantren dan santri baru yang lain. [red]

No comments:

Post a Comment