Raudlatul Ulum 1

Menatap Masa Depan, Menggenggam Ajaran Salaf

Breaking

Saturday, 21 October 2017

Dua Santri PPRU 1 Mengukir Sejarah Lama di MQK tingkat Provinsi

Dua Santri PPRU 1 Mengukir Sejarah Lama di MQK tingkat Provinsi
Syifa'ur Romli dan Muhammad Anas
Raudlatul Ulum 1-Minggu, (15 Oktober 2017) hari itu adalah sejarah baru yang telah lama pudar di ajang perlombaan resmi antar pondok pesantren se-Jawa Timur.  Pasalnya, dua orang santri Raudlatul Ulum 1 di antaranya, Syifa’ur Romli dan Muhammad Anas berhasil menyumbangkan dua tropi dalam perlombaan tersebut. Dengan perolehan tropi Juara I Marhalah wustha Bidang Akhlaq dan Juara III Marhalah Wustho bidang Ushul Fiqh. Bertepatan sejak tanggal 13-15 Oktober 2017 yang bertuan rumah di PonPes Amanatul Ummah, Pacet, Mojokerto.

    Keberhasilan yang sama dalam perlombaan resmi yang digelar rutin tiga tahun sekali oleh Kementrian Agama dengan nama Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) se-Jawa Timur itu terakhir kali diraih pada tahun 2010 lalu. Dimana pada saat itu ada beberapa nama yang turut mengharumkan nama baik PPRU 1 antara lain Ust. Abdur Rosyid Juara I Marhalah Ulya bidang Fiqih, Ust. Abdur Rofiq Juara II Marhalah Ula bidang Nahwu, Ust Khoiron Halim Juara II Marhalah Ulya bidang Tafsir dan Ust. Muslimat Juara II Marhalah Ula bidang Tarikh yang diselenggarakan di Probolinggo.

    Setelah keberhasilan tahun 2010 lalu, delegasi PPRU 1 gagal di kancah Provinsi di MQK ke-IV di PonPes Nurul Cholil, Bangkalan, Madura. Dan akhirnya berhasil bangkit kembali pada tahun ini. Dua dari empat delegasi perwakilan PPRU 1 dan sekaligus mewakili Kabupaten Malang. “Suatu kebanggaan bagi kita semua, telah mengharumkan nama baik PPRU 1” Komentar Gus. Abdur Rohim Sa’id, Kepala PonPes Raudlatul Ulum 1.

    Dalam perjalanannya, MQK merupakan seleksi dari berbagai tahap untuk mencapai tingkat Provinsi dan Nasional. Mulai dari seleksi perlombaan antar PonPes se-Kab. Malang, Juara 1 dari masing-masing bidang kitab diambil untuk mewakili Kabupaten Malang  dan dilombakan kembali pada tahap kedua yaitu Wilayah Kerja (Wilker) dimana ada 7 perwakilan Kabupaten dan kota. Dari 14 perwakilan PPRU 1, empat diantaranya lolos ke tingkat Provinsi Jawa Timur. Dan dari empat delegasi santri PPRU 1 tersebut, hanya dua orang yang berhasil mendapatkan tropi.

    Pada pemenang 1, 2 dan 3, nantinya akan diadakan seleksi ulang untuk bisa menuju kancah Nasional. Dimana satu perwakilan masing-masing bidang kitab yang telah lolos seleksi, akan mewakili provinsi Jawa Timur untuk dilombakan dengan 37 Provinsi se-Indonesia di Jepara, bulan November mendatang.

    Di pundak kedua nama yang telah memperoleh peringkat inilah ditaruh beban yang lebih  berat lagi untuk bisa lolos dalam seleksi ulang serta mampu menembus tingkat Nasional untuk bisa mengharumkan nama baik PonPes Raudlatul Ulum 1 Malang. Sebab, kedua jawara tersebut masih berpeluang besar untuk bisa lolos dalam seleksi ulang nanti. Ust. Abdur Rofiq (sebagai: Official) dalam MQK tahun ini berpendapat, “Tentunya kami semua berharap ke-dua pemenang MQK se-Jawa Timur ini dapat lolos kembali dalam seleksi ulang sebagai perwakilan menuju tingkat Nasional nanti”.

Oleh: Ihya’ul Ulum
@_Publikasi

No comments:

Post a Comment