Raudlatul Ulum 1

Menatap Masa Depan, Menggenggam Ajaran Salaf

Breaking

Sunday, 21 June 2015

Haflah Akhirussanah Dan Hari Jadi Pesantren Ke-67 Tahun

Wisudawan MADIN RU 1 Tingkat Ula
Wisudawan MADIN RU 1 Tingkat Ula
[8/6/2015] Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Putra, mengadakan acara Haflah Akhirussanah dan Hari Jadi pesantren yang ke 67 Tahun. Acara yang diselenggarakan setiap tahun ini merupakan acara ungkapan rasa syukur atas perjalanan dan perkembangan pesantren yang semakin baik. dalam acara ini pula ditampilkan para wisuda nadzam, mulai dari nadzam Tingkat Pertama, yaitu para santri yang telah menghatam dan hafal secara penuh amstila al-Tashrif, berjumlah 20 santri, tingak ke II, para santri yang telah menghafal secara penuh dua nadzam sekaligus, yakni Nadzam al-Maqshud (Ilmu Sharraf) dan Nadzam al-'Imrithy (Ilmu Nahwu) yang berjumlah 15 santri, dan terakhir Tingkat III, yang berisi santri yang telah menghafal secara penuh Nadzam Al-Fiyah Ibnu Malik, berjumlah 5 santri. 
Wisudawan Nadzam Tingkat III (Alfiyah Ibnu Malik)
Wisudawan Nadzam Tingkat III (Alfiyah Ibnu Malik)

Acara yang dikemas dengan pemberian sejumlah hadiah FAQRO-U (Festival Musabaqah Raudlatul Ulum) ini dimulai dengan acara Tabaruuk pembacaan tiga Nadzam sebagai rangkaian wisuda Nadzam. selain itu ditampilkan pula pemberian hadiah dari Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum 1 Putra, sekaligus wisuda pada tingkat Ula dan Wustho. 

Ada yang berbeda pada tahun ini, para wisuda Madrasah Diniyah Tingkat Wustho, sejatinya bukan hanya santri yang telah menyelesaikan program pendidikan ditingkat diniyahm namun mereka kesemuanya telah menghafal berbagai macam nadzam, selain Al-Fiyah Ibnu Malik, Nadzam Maqshud dan Imrithy, mereka juga telah hafal Nadzam Sullam al-Munawwaraq (Ilmu Manthiq) dan Nadzam al-Baiquni (Ilmu Musthalah al-Hadith).
Wisudawan MADIN RU 1 Putra, tingkat Wustho
Wisudawan MADIN RU 1 Putra, tingkat Wustho

Rasa Syukur tak terhingga diungkapkan oleh seluruh jajaran dewan asatidz, karena melihat perkembangan potensi pondok pesantren yang semakin meningkat dibandingkan tahun -tahun sebelumnya. Kepala pesantren, dalam sambutannya menegaskan, bahwa program Nadzam bersama yang dilaksanakan oleh pesantren akan terus dipertahankan dan dikembangkan, dan sebagai program unggulan. dia juga menjelasakanakan pentingnya program ini, disaat banyak pesantren yang sudah mulai lesu, dan semakin jarang para santri yang memiliki kemampuan untuk menghafal nadzam tersebut. Dan diharapkan pada tahun-tahun yang akan datang akan semakin banyak lagi santri yang bukan hanya mampu menghafal nadzam tersebut, namun juga memahaminya dengan baik. [red]

Berikut ini video wisuda Nadzam Bersama PP Raudlatul Ulum1 Putra (1436 H/ 2015 M)


No comments:

Post a Comment