Minggu, 28 Januari 2024

Harlah Ke-101 NU: UNU Yogyakarta Bangun Menara Kembar sebagai Simbol Persahabatan Indonesia-UEA

PPRU 1 News | Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta bersiap memulai pembangunan Gedung Mohammed Bin Zayed (MBZ) College for Future Studies (CFS) sebagai bagian dari rangkaian peringatan Harlah Ke-101 Nahdlatul Ulama (NU). 

Peletakan batu pertama akan dilaksanakan pada Rabu (31/1/2024) di Kampus Terpadu UNU Yogyakarta. Prosesi ini akan dipimpin langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Yahya Cholil Staquf, Presiden RI Joko Widodo, dan Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Suhail Mohammed Al Mazroei.

Rektor UNU Yogyakarta, Widya Priyahita Pudjibudojo, menjelaskan bahwa pembangunan gedung ini merupakan hasil kerja sama antara PBNU dan Uni Emirat Arab (UEA) yang sudah dimulai sejak pertengahan 2022. MBZ CFS memiliki tiga tujuan utama: pertama, sebagai upaya pengembangan peradaban Islam di tengah perubahan dunia yang cepat dan radikal; kedua, sebagai ikhtiar kedua negara dalam mencetak talenta berdaya saing global; dan ketiga, sebagai simbol persahabatan antara Indonesia dan UEA.

Gedung MBZ CFS akan menjadi simbol persahabatan Indonesia-UEA dengan adanya twin tower (menara kembar) yang terdiri dari Jokowi Tower dan MBZ Tower. MBZ CFS, sebagai unit pendidikan setingkat fakultas di bawah UNU Yogyakarta, memiliki empat program unggulan dan enam bidang keilmuan yang akan dikembangkan.

Proyek ini diharapkan dapat menginspirasi inovasi di lembaga pendidikan lainnya untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Kerja sama antara PBNU dan UEA untuk membangun College of Future Studies di UNU Yogyakarta telah ditandatangani sejak Juli 2022, dengan penandatanganan perjanjian kerja sama lanjutan pada November 2023.

Harapannya, MBZ CFS akan menjadi pusat pengembangan teknologi, ekonomi pengetahuan, dan nilai inklusif yang diilhami oleh nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin, serta dapat berkontribusi positif terhadap peradaban Islam di era kontemporer.

Previous Post
Next Post

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 adalah pesantren salaf yang didirikan oleh KH. Yahya Syabrowi, Menggenggam Ajaran Salaf, Menatap Masa Depan

0 comments: