Jumat, 12 Januari 2024

Makan Daging Merah Berlebihan Tingkatkan Risiko Kanker Pankreas

PPRU 1 Health | Dikutip dari CNN bahwa mengonsumsi daging merah yang berlemak secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena kanker pankreas. Berikut rangkuman artikel tersebut

Mengonsumsi Daging Merah dan Risiko Kanker Pankreas

- Daging merah yang berlemak sering dijadikan favorit oleh banyak orang, baik itu dalam bentuk steak, rendang, atau di restoran All You Can Eat.

- Dr. Ari Fachrial Syam, seorang dokter spesialis penyakit dalam dan Guru Besar di Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, menjelaskan bahwa makanan tinggi lemak, seperti daging merah, dapat menyebabkan beban ekstra pada organ tubuh, termasuk pankreas.

- Organ tubuh bekerja lebih berat saat mengonsumsi makanan tinggi lemak, dan pankreas menjadi salah satu organ yang terpengaruh.

- Makanan berlemak dapat menyebabkan sulit pencernaan, peradangan, dan akhirnya membentuk polip. Polip yang terbentuk dapat berkembang menjadi kanker pankreas.

Rekomendasi Ahli

- Dr. Ari menyarankan untuk membatasi konsumsi daging merah berlemak.

- Kebutuhan protein dapat dipenuhi dengan mengonsumsi alternatif seperti unggas, tempe, tahu, atau ikan yang dianggap lebih sehat.

- Anak muda juga disarankan untuk menjadi lebih aktif dan menghindari gaya hidup yang minim aktivitas, karena gaya hidup ini dianggap berbahaya seperti konsumsi daging merah berlebihan.

Tes Kesehatan dan Pencegahan

- Ari menekankan pentingnya rutin melakukan tes kesehatan, idealnya setahun dua kali atau minimal satu kali dalam setahun.

- Pencegahan melalui pola makan sehat, beraktivitas fisik, dan perhatian terhadap gaya hidup menjadi kunci untuk menghindari risiko kanker pankreas.

Dengan demikian, artikel tersebut memberikan informasi mengenai hubungan antara konsumsi daging merah berlebihan dengan risiko kanker pankreas, serta memberikan saran dan rekomendasi dari seorang ahli kesehatan.

Previous Post
Next Post

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 adalah pesantren salaf yang didirikan oleh KH. Yahya Syabrowi, Menggenggam Ajaran Salaf, Menatap Masa Depan

0 comments: