Senin, 29 Januari 2024

Harlah ke-101 NU, Peresmian Galeri Seni Nusantara Akan Dihadiri Gus Mus dan Sujiwo Tejo

 

PPRU 1 News | Dalam rangkaian perayaan Hari Lahir ke-101 Nahdlatul Ulama (NU), Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan Galeri Seni Nusantara di Gedung Kampus Terpadu Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta pada 31 Januari 2024. Acara ini akan dihadiri oleh 24 seniman terkenal tanah air, di antaranya adalah KH Mustofa Bisri (Gus Mus) dan Sujiwo Tejo.

Galeri Seni Nusantara diharapkan akan menjadi tempat inspiratif bagi para seniman, menjadi ruang dialetika untuk diskusi dan perbincangan yang produktif bagi kemajuan bangsa Indonesia. Rektor UNU Yogyakarta, Widya Priyahita Pudjibudojo, menyatakan bahwa galeri ini akan menjadi pondok teduh bagi para seniman untuk menuangkan gagasan, memantik diskusi, dan membuka ruang dialektika hingga lahirnya inovasi dan polemik kebudayaan baru yang produktif.

Dalam peresmian galeri tersebut, sejumlah seniman ternama seperti Gus Mus, Sujiwo Tejo, Nyoman Nuarta, Husin dari Malaysia, dan banyak lainnya akan turut berpartisipasi. Widya Priyahita Pudjibudojo menjelaskan bahwa galeri seni ini tidak hanya menjadi tempat untuk pameran seni tetapi juga membuka kesempatan bagi sivitas UNU Yogyakarta untuk mengadakan proyek seni atau memajang karya tanpa harus memiliki pengalaman khusus sebagai seniman.

Widya Priyahita Pudjibudojo menyoroti bahwa seni kontemporer kerap dianggap eksklusif dan masih terbatas pada ruang pameran khusus. Oleh karena itu, ia berharap Galeri Seni Nusantara dapat membebaskan karya seni dari belenggu eksklusivitasnya dan memberikan ruang yang lebih luas. Selama ini, karya seni rupa kontemporer jarang terlihat di ruang publik, dan Galeri Seni Nusantara diharapkan dapat menjadi wadah untuk menyajikan seni secara lebih inklusif.

Peresmian Galeri Seni Nusantara ini diharapkan menjadi awal dari misi besar untuk menghadirkan seni sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Acara ini akan diwarnai dengan berbagai penampilan seni, termasuk pertunjukan teater NU dan Masa Depan, Harmony in Diversity, Religiusitas dan Spiritualitas di Era Kontemporer, serta Eksplorasi Visual Kehidupan Santri.

Galeri Seni Nusantara menjadi bagian dari Rumah Budaya NU dan diharapkan dapat menjadi tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan seni yang bermanfaat bagi NU dan bangsa Indonesia secara keseluruhan. Peresmian galeri ini dijadwalkan pada pukul 11.30 hingga 11.40 WIB, dengan Presiden Jokowi sebagai yang akan secara simbolis menggunting pita peresmiannya.

Previous Post
Next Post

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 adalah pesantren salaf yang didirikan oleh KH. Yahya Syabrowi, Menggenggam Ajaran Salaf, Menatap Masa Depan

0 comments: