Kamis, 23 November 2023

Genjatan Senjata Israel-Hamas di Tunda, Ini Alasannya!

PPRU 1 News | Pertukaran 50 sandera yang ditahan oleh Hamas dan 150 warga Palestina yang ditahan di penjara Israel telah ditunda.Gencatan senjata pertama dalam perang tujuh minggu kedua pihak ditunda hingga Jumat (24/11).

Foto: Suasana Palestina ketika malam hari

Pejabat Palestina mengatakan gencatan senjata empat hari di Gaza antara Israel dan Hamas telah ditunda karena rincian tentang sandera mana yang akan dibebaskan dan caranya masih belum jelas.

Sementara itu, Penasihat Keamanan Nasional Israel, Tsachi Hanegbi mengatakan pembebasan 50 sandera ditunda karena Hamas tidak memberikan daftar sandera Israel yang akan dibebaskan.

Hamas juga tidak menandatangani perjanjian dengan Qatar yang menjamin implementasi perjanjian tersebut.

"Kombinasi upaya militer dan politik telah memungkinkan pembebasan sandera kami," katanya, dikutip dari media lokal Haaretz, Kamis (23/11/2023). 

Penduduk di Kota Gaza, Palestina mengatakan pertempuran terus meningkat dengan tembakan, artileri berat, dan serangan udara meski telah diumumkannya rencana gencatan senjata. Pada gencatan senjata yang disepakati, Rabu (22/11/2023), 50 sandera akan dibebaskan secara bertahap, dengan imbalan pembebasan apa yang dikatakan Hamas akan menjadi 150 tahanan Palestina.

Kedua belah pihak pertama-tama akan membebaskan perempuan dan anak-anak. Israel mengumumkan akan memperpanjang gencatan senjata satu hari  untuk setiap 10 sandera tambahan yang dibebaskan oleh Hamas. Hamas mengatakan ratusan truk yang membawa bantuan kemanusiaan, termasuk bahan bakar, diizinkan masuk ke Jalur Gaza.

Perjanjian gencatan senjata sementara itu merupakan jeda pertama bagi warga Palestina yang telah dibombardir oleh Israel dengan lebih dari 14 ribu orang terbunuh, menurut keterangan otoritas Palestina. 

Benjamin Netanyahu selaku perdana mentri Israel mengatakan kesepakatan itu juga termasuk ketentuan bagi Komite Internasional Palang Merah untuk mengunjungi para sandera.

Perdana menteri mengatakan perang akan berlanjut setelah gencatan senjata berakhir. Tujuan Israel adalah menghancurkan kemampuan militer Hamas dan mengembalikan 240 sandera yang ditahan di Gaza. 

“Perang terus berlanjut. Perang terus berlanjut. Kami akan melanjutkannya sampai kami mencapai semua tujuan kami,” kata Netanyahu.



Previous Post
Next Post

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 adalah pesantren salaf yang didirikan oleh KH. Yahya Syabrowi, Menggenggam Ajaran Salaf, Menatap Masa Depan

0 comments: