Raudlatul Ulum 1

Menatap Masa Depan, Menggenggam Ajaran Salaf

Breaking

Friday, 17 August 2018

Upacara Bendera - Uforia Kemerdekaan Indonesian ala Santri Raudlatul Ulum 1

Upacara Bendera - Uforia Kemerdekaan Indonesian ala Santri Raudlatul Ulum 1
Potret: Pengibaran Bendera Merah Putih pada Upacara HUT RI ke-73
Raudlatul Ulum 1Suasana berbeda terjadi pada hari Jum'at (17 Agustus 2018) kemarin. Tidak sebagaimana biasanya terjadi di PonPes Raudlatul Ulum 1 Malang. Pasalnya, hari itu bertepatan dengan peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia. Santri yang biasanya menghabiskan waktu libur kegiatannya dengan bermain bola, bersantai sembari menghabiskan waktu untuk tidur pulas serta ada pula yang bersenda ria melepas rindu bersama para keluarga (jika dikirim. Jawa; Kiriman) kemarin tidak terlihat lagi.

Yang ada hanya pemandangan berwarna biru putih serta ada sebagian yang berseragam rapi dan khusus. Mereka diharuskan mengikuti upacara bendera demi memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan keadaan yang serba terbatas, tak ada alasan apapun untuk menghalangi para santri untuk turut merayakan hari paling bersejarah untuk bangsa ini.


Meskipun tak didampingi sanak keluarga. Upacara hari kemenangan itupun dijalani dengan penuh uforia kemenangan, kebersamaan, khidmat dan penuh kegembiraan.

Momen yang diselenggarakan atas kerja sama Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum 1 Putra dan PonPes Raudlatul Ulum 1 itu berlangsung dengan tertib. Upacara dimulai tepat pada jam 07.00, setelah sebelumnya dilakukan gladi resik.
Upacara Bendera - Uforia Kemerdekaan Indonesian ala Santri Raudlatul Ulum 1
Pembina Upacara HUT RI ke-73 PPRU1: Gus. Abdur Rohim Sa'id
Gus. Abdur Rohim (Kepala Pesantren PPRU1 PA) sebagai pembina upacara memberikan amanat "Mari kita jadikan momen kemerdekaan bangsa Indonesia ini sebagai momen untuk kita semua agar senantiasa selalu giat dalam melaksanakan kegiatan pondok pesantren, serta menjauhi apa yang dilarang oleh pondok pesantren".

Ust. Abdur Rofik yang juga salah satu penyelenggara acara upacara bendera tersebut melakukan kerja sama dengan NUtizen untuk bersediara mensponsori acara tersebut dan berkenan melnayangkan Live Streaming di salah satu FansPage ternama itu.

Upacara bendera diikuti oleh hampir seluruh santri Raudlatul Ulum 1 Putra, dewan pengurus, dewan asatidz Madrasah Diniyah dan beberapa tamu undangan. Para santri secara serentak berseragamkan baju putih, songkok putih dan atribut wajib sarung biru ala PPRU 1. Terkecuali petugas upacara, yang bercelana hitam dan bersongkok nasional hitam juga. Semua berjalan lancar tanpa adanya hambatan.
Upacara Bendera - Uforia Kemerdekaan Indonesian ala Santri Raudlatul Ulum 1
Uforia para santri PPRU1 ketika mengikuti upacara bendera HUt RI ke-73
Selain lagu wajib Indonesia Raya tatkala pengibaran sangsaka Merah Putih, ada beberapa lagu yang turut dinyanyikan dalam acara tersebut. Diantaranya Ya Lal Wathon, Hiymne Madrasah dan 17 Agustus 1945. Demikian sebab adalah ciri khas santri. Khususnya pula santri NU. Pada penghujung upacara, do'a dipimpin oleh Ust,. Khoiron Halim dan diakhiri dengan potong tumpeng bersama. [Red]

No comments:

Post a Comment