Raudlatul Ulum 1

Menatap Masa Depan, Menggenggam Ajaran Salaf

Breaking

Tuesday, 11 March 2014

Nahwu Putih & Sharraf Putih

Nahwu Putih & Sharraf Putih
Bagi santri dan alumni PPRU 1 Ganjaran, tahun 90-an, siapa yang tidak tahu dengan istilah Nahwu Putih, dan Sharraf Putih. Sebuah kitab nahwu dan sharraf dasar, yang dijadikan kitab pedoman bagi para santri PPRU 1 untuk mendalami gramatika arab. pasalnya, kitab yang menggunakan tulisan tangan ini, dibuat awal tahun 1990-an, ditulis oleh Ust. Toha, tertanggal 26-8-1414 H, dan sampai sekarang masih tetap dipakai serta dijadikan acuan  penguasaan gramatika arab dasar untuk para santri.


Dilihat dari sistematika pembahasannya, kitab yang memiliki judul "al-Mabadi' al-Nahwiyah" ini, mangacu kebeberapa kitab dasar gramatika arab, untuk Nahwu, kitab yag dijadikan rujukan berupa Mukhtashar Jiddan, Nadzam 'Imrithy, sedangkan untuk Sharraf mengacu pada Amtsilah al-Tashrifiyah dan Nadzam Maqshud.

Dengan bahasa yang mudah dicerna, dan contoh yang lugas, kitab ini hadir dan diterima serta mudah dipahami oleh para santri. Uniknya, kitab ini dilengkapi dengan beberapa diagram untuk mempermudah pemahaan.

Sejak 21 tahun silam, dan sampai saat ini, sudah tak terhitung lagi, berapa kali kitab yang pasalnya pernah ditulis kembali oleh Ust. Fathurrahman (1 A) dan Ust. Syamsul Arifin (1 c) ini, walaupun tulisannya semakin samar. namun tetap di selalu difotocopy. semoga kitab sederhana ini akan senantiasa mencetak para ahli gramatika arab dikemudian hari. Amin.

2 comments:

  1. Aamiin.
    Ust. Fathurrahman (1 A) dan Ust. Syamsul Arifin (1 c) Ust. jamanq, jadi kangen beliau hikz

    ReplyDelete
  2. Sama. kita semua kangen beliau.

    ReplyDelete