Raudlatul Ulum 1

Menatap Masa Depan, Menggenggam Ajaran Salaf

Breaking

Tuesday, 18 March 2014

eL-Bayan : Wahhabi Berbaju Salafi ?

eL-Bayan : Wahhabi Berbaju Salafi ?
Download eL-Bayan Edisi I, /J. Ula/ 35
Perlu ditekankan, pengaruh gerakan wahhabi saat ini bukan hanya diranah regional, namun gerakan tersebut juga telah menjelma menjadi organisasi lintas negara (Transnasional), gaya dakwah memiliki ciri khas keagamaan, telah banyak menghipnotis masyarakat khususnya masyarakat Indonesia. Dengan dalih kembali kepada al-Quran dan al-Hadith, gerakan ini memunculkan banyak issu kegamaan.  Realitas ini, seyogyanya dapat ditanggapi dengan serius, karena kerap kali menjadi pemicu perpecahan antar sesama umat Islam, dan dendam tak terselesaikan.


Wahhaby atau Salafy?
Kata salafi adalah sebuah bentuk penisbatan kepada al-Salaf. Sedangkan kata al-Salaf secara bahasa berarti bermakna orang-orang yang mendahului atau hidup sebelum kita . Adapun makna terminologis kata al-Salaf adalah generasi yang dibatasi oleh sebuah penjelasan Rasulullah saw. Dalam haditsnya :
“Sebaik-baiknya manusia, adalah manusia yang hidup pada zamanku, kemudian yang mengikuti mereka (Tabi’in), kemudian yang mengikuti mereka (Tabi’ Tabi’in)” .‎ Baca selengkapnya di Buletin eL-Bayan. Klik disini (PDF)

No comments:

Post a comment